Pengertian Merchandise

Posted on

Pengertian Merchandise – Halo sobat dosenpintar.com sekalian, pada kali ini kami akan menjelaskan artikel mengenai pengertian merchandise beserta ulasannya. Pastinya kamu sudah tidak asing bukan dengan istilah ini? Tapi bagi kamu yang masih belum tau pengertiannya yuk langsung aja simak artikelnya di bawah ini.

pengertian merchandise

Pengertian Merchandise Secara Umum

Secara umum merchandise merupakan suatu produk yang menampilkan logo atau merk dari sebuah perusahaan, yang mana digunakan sebagai suatu media promosi dan dibagikan kepada khalayak ramai supaya mereka ingat dengan logo maupun merk dari perusahaan yang membagikan merchandise tersebut.

Pengertian Merchandise Menurut Ahli

Sedangkan menurut  beberapa ahli pengertian merchandise yaitu :

Menurut Dunne, Lusch dan Griffith

Menurut mereka marchandise diartikan sebagai suatu perencanaan dan pengendalian dalam pembelian dan penjualan barang dan jasa guna mencapai tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh pihak yang membagikan merchandise.

Menurut Ma’ruf

Sementara menurut beliau merchandise merupakan sebuah kegiatan dalam pengadaan suatu produk/barang yang sesuai dengan bisnis yang dijalani toko untuk disediakan toko dalam jumlah, waktu dan harga yang sesuai dengan target toko.

Menurut KKBI

Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merchandise merupakan grup produk yang terkait satu sama lain untuk ditujukkan kepada grup konsumen dengan kisaran harga yang hampir sama.

Fungsi Merchandise

Adapun fungsi dari sebuah merchandise antaralain :

  • Merchandise dapat menjadi branding produk bagi perusahaan. Misalnya seperti baju atau gelas promosi yang disablon dengan logo perusahaan. Hal ini bertujuan supaya si penerima merchandise dapat mengingatkan perusahaan yang telah memberikan barang promosi tersebut.
  • Dapat menjadi tanda terima kasih dalam suatu momen atau event tertentu. Biasanya ketika sebuah perusahaan mengadakan sebuah acara, mereka mmbagikan merchadise untuk membuat para tamu mengingat si perusahaan tesebut. Merchandise tersebut bisa berupa topi, kotak tisu atau bolpoin yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari.
  • Sebagai daya tarik supaya orang mau berkumpul dan mampir ke stand pameran/boot yang sedang dibuka. Hal ini sering kita jumpai di beberapa tempat seperti di mall, seminar, pengobatan, hingga pameran dan lainnya.
  • Sebagai media pembeda dengan perusahaan lain. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, perusahaan selalu berupaya untuk membuat para konsumennya selalu mengingat perusahaan tesebut, maka dikeluarkanlah merchandise yang biasanya dapat berupa sebuah souvenir dan dibagikan secara gratis.
Baca Juga :  Contoh Kop Surat

Tujuan Merchandise

Adapun tujuan merchandise antaralain :

  1. Untuk menyebarkan informasi mengenai produk yang di promosikan kepada target pasar potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan juga keuntungan (laba)
  3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  5. Untuk membedakan produk dengan produk milik pesaing
  6. Untuk membentuk suatu citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Untuk dapat mengubah pendapat konsumen mengenai produk dan perusahaan tertentu.

Manfaat Merchandise

Merchandise dapat memberikan manfaat bagi suatu perusahaan. Adapun manfaat tersebut antaralain

  1. Dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk atau perusahaan tersebut
  2. Konsumen jadi mencari tahu lebih dekat mengenai produk
  3. Dapat menjadi alat promosi yang paling jitu bagi peusahaan
  4. Dapat meningkatkan omzet penjualan
  5. Menjadi pembeda antara dengan produk yang lain
  6. Mempunyai nilai ekonomis

Contoh Merchandise

Berikut adalah contoh dari sebuah merchandise

Merchandise – Topi Promosi

Topi menjadi salah satu aksesoris (fashion) yang paling umum untuk dijadikan merchandise bagi suatu perusahaan. Hal ini membuat topi menjadi pilihan bagi perusahaan untuk dijadikan sebagai media promosi. Tinggal perusahaan menentukan jenis serta model topi yang sesuai dengan selera dan juga kebutuhan.

Merchandise – Kaos Promosi

Selain topi, kaos menjadi barang yang paling sering dimanfaatkan untuk aktivitas promosi perusahaan. Perusahaan hanya tinggal menampilkan logo mereka disertai dengan teks atau gambar pendukung yang menarik. Biasanya merchandise baju hanya dibagikan pada event-event tertentu.

Merchandise – Jam Promosi

Jam menjadi alternatif untuk media promosi, hal ini karena setiap orang pastinya selalu melihat jam untuk mengetahui waktu. Karena fungsinya tersebut tak heran jam dijadikan media promosi yang efektif. Biasanya jenis jam yang dipakai yaitu jam dinding atau jam meja dimana perusahaan menampilkan logo di dalamnya.

Baca Juga :  Contoh Asimilasi

Merchandise – Flash Disk/USB Promosi

Di era digita seperti sekarang ini, flashdisk tentunya sangat diperlukan dalam kegiatan sehari-hari, apalagi dengan bentuknya yang relatif kecil membuat flash disk mudah disimpan dan dibawa ke mana saja. Bagi kebanyakan orang flash disk merupakan media yang tak bisa mereka lupakan. Hal ini lah yang membuat flash disk dijadikan sebagai media promosi yang efektif.

Merchandise – Kipas Promosi

Kipas promosi adalah media yang promosi yang sangat unik. Namun kipas yang dimaksud disini bukanlah kipas angin, melainkan kipas tangan yang ringan dan bisa dibawa kemana saja. Kipas promosi merupakan media promosi yang perusahaan bagikan dalam event-event tertentu.

Merchandise – Ballpoint Promosi

Bolpoin didalam event-event seperti seminar atau miting menjadi media promosi yang tak bisa dilupakan. Tak hanya sebagai alat tulis, bolpoin promosi sangat relevan dan bisa dipakai oleh siapa saja. Maka tak heran jika perusahaan sering menggunakan bolpoin sebagai media promosi untuk mempopulerkan namanya. Dalam bolpoin promosi biasanya perusahaan menampilkan logo mereka yang dicetak dengan atau ditempeli stiker.

Merchandise – Payung Promosi

Tak hanya berfungsi sebagai pelindung dari teriknya matahari maupun derasnya hujan, ternyata payung dapat digaunakan sebagai alternatif untuk media promosi yang efektif. Biasanya payung promosi dibagikan dalam sebuah event perusahaan tentunya dengan logo perusahaan yang menempel di sana.

Merchandise – Mug Promosi

Mug dijadikan sebagai media promosi yang efektif karena memberikan kesan eksklusif bagi para audience. Mug promosi biasanya dicetak menggunakan mesin sablon untuk menempelkan logo perusahaan.

 

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Merchandise : Fungsi, Tujuan, Contohnya. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk sobat dosenpintar.com semua. Sampai jumpa lagi dalam artikel-artikel edukasi lainnya ya.

Baca Juga :  Contoh Paklaring

Baca Juga :