XAMPP Terbaru 64 Bit / 32 Bit

Posted on

Download XAMPP Versi Terbaru – Merupakan aplikasi untuk membuat server localhost yang dirancang untuk kebutuhan desain aplikasi web. Aplikasi ini terdiri dari Apache HTTP Server, MySQL, PHP dan Perl. Ini adalah paket aplikasi sumber terbuka yang sangat mudah dipasang dan sepenuhnya gratis untuk digunakan.

Seperti yang dikutip oleh dosenpintar.com XAMPP sendiri sering digunakan oleh orang yang sedang belajar membuat website namun tidak memiliki budget untuk membeli hosting dan domain. Selain itu, banyak situs web juga menguji secara lokal menggunakan XAMPP sebelum dipublikasikan ke internet atau Anda ingin membuat situs web secara lokal di komputer Anda sendiri.

download xampp

XAMPP mendukung dukungan lintas platform dan tersedia untuk berbagai sistem operasi termasuk Windows, Linux, dan Mac OS X. XAMPP untuk Windows, Anda dapat menggunakan LAMPP di Linux. Pengguna Mac OS dapat menggunakan MAMP.

Menginstal XAMPP sangat sederhana. Selain itu, XAMPP juga dapat digunakan pada host lokal atau komputer tanpa koneksi internet. Sehingga Anda bisa lebih cepat mengetes website tanpa menggunakan tanpa harus mengantri terlebih dahulu.

Fungsi di XAMPP

XAMPP bekerja secara offline seperti web hosting pada umumnya, namun hanya web builder yang dapat mengaksesnya. Di bawah ini kami akan membahas fitur-fitur yang ditawarkan oleh XAMPP.

1.HTDOCS
HTDOCS adalah fitur XAMPP yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan file PHP dan HTML yang akan dieksekusi. Ini termasuk folder yang diinstal secara otomatis saat Anda menginstal XAMPP di komputer Anda. Saat Anda menavigasi ke alamat localhost di browser web, HTDOCS segera menampilkan file yang disimpan.

2.phpMyAdmin
PhpMyAdmin adalah program untuk mengelola sistem basis data dalam aplikasi web.

PhpMyAdmin tidak hanya digunakan dengan XAMPP, web hosting profesional juga menyediakan program ini.

Baca Juga :  Cara Mengirim Lamaran Lewat Email 

Anda dapat melakukan semua konfigurasi database melalui PhpMyAdmin. Anda bahkan dapat menggunakan program ini untuk menulis skrip kueri.

Membuka PhpMyAdmin di XAMPP sangat mudah, Anda hanya perlu menuliskan URL http://localhost/phpMyAdmin di web browser.

3. Panel Kontrol
Ini termasuk panel kontrol aplikasi XAMPP. Control Panel digunakan untuk mengelola layanan dan mengelola XAMPP, termasuk menggunakan database, mengunduh file, melakukan konfigurasi web tertentu, dan fungsi lainnya.

Di panel kontrol, sejumlah fitur dapat disesuaikan, antara lain:

Apache -> server web yang digunakan di XAMPP.
MySQL -> Basis data yang digunakan di XAMPP.
FileZilla -> server FTP yang memungkinkan transfer file antar komputer di jaringan lokal.
Mercury -> Mail Server digunakan untuk menerima dan mengirim email di jaringan lokal.
Tomcat -> Fitur ini dirancang untuk mempercepat akses data pada halaman aplikasi website dengan mengambil halaman Java Server (JSP).

Download XAMPP

Untuk kalian yang membutuhkan aplikasi ini dapat menggunakan link yang kami berikan dibawah ini, untuk memudahkan kalian dalam mempelajari aplikasi berbasis web.

Nama AplikasiXAMPP
Versi Aplikasi32/64 Bit
Ukuran
Upload1 Hari Yang Lalu
SupportWindows
Link DownloadDisini

Cara Install XAMPP Terbaru

Dibawah ini akan dijelaskan bagimana cara melakukan instalasi pada aplikasi XAMPP langkah demi langkah untuk kalian yang membutuhkan.