Arti Istiqomah

Posted on

Arti Istiqomah – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Dengan izin Allah, kali ini dosenpintar.com akan berbagi pengetahuan mengenai arti Istiqomah, mungkin bagi sebagian orang sudah banyak yang mendengar ucapan atau kalimat ini, tapi ada juga dari para pembaca yang mungkin belum mengetahui dan memahami kalimat ini, yang akan kita bahas manfaat istiqomah, makna dan contoh sikap istiqomah, baiklah langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Arti Istiqomah
Arti Istiqomah

Arti Istiqomah (الإستقامة)

Istiqomah (Tulisan Arab الإستقامة) dalam bahasa terdiri dari dua kata yaitu ista dan qooma. Ista memiliki makna yang merupakan upaya atau keinginan untuk mencapai sesuatu. Qooma yang berarti benar, tegak atau sempurna.

Jika dipraktikkan dengan baik kalimat ini akan menjadi panduan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Istoqomah, kata yang mudah diucapkan tetapi sulit untuk dilaksanakan.

Jadi ketika digabungkan, istiqomah adalah upaya untuk tetap lurus dan tegak di jalan Allah SWT. Seseorang yang istiqomah tidak akan goyah sedikit pun.

Cara ini disebut mustaqim. Seperti dalam Surat Al-Fatihah, ayat keenam ihdinas siratal mustaqim yang artinya menunjukkan jalan yang benar.

Ini berarti bahwa orang yang istiqomah adalah orang yang berada di jalan yang benar atau lurus.

Kemudian, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, di mana makna kata Istiqomah adalah sikap tegas terhadap pendirian untuk menentukan sesuatu yang diyakini.

Sedangkan dalam kamus bahasa Arab-Indonesia, kata istiqomah juga bisa diartikan dengan benar dan adil.

Baca Juga :  Arti Biidznillah

 

Perilaku Yang Mencerminkan Sikap Istiqamah

Berikut adalah beberapa contoh sikap yang mencerminkan sifat istiqamah, serta penjelasan:

  • Sadari bahwa semua yang diperintahkan Allah dengan iklas.
  • Dapat dengan sabar menerima ujian atau cobaan.
  • Ibadah tepat waktu (Shalat)
  • Tidak tertipu oleh kemewahan kehidupan dunia.
  • Selalu Tawakal kepada Allah SWT
  • Terus berprasangka baik kepada Allah

Manfaat Berlaku Istiqamah

Di bawah ini merupakan manfaat dari sikap istiqamah, apa saja manfaatnya :

  • Seseorang yang memiliki sikap istiqamah akan selalu terhindar dari rasa takut dan sedih.
  • Untuk seseorang yang istiqamah akan selalu memiliki sifat sabar bahkan jika dia diuji.
  • Bagi seseorang yang istiqamah akan selalu menerima saran dalam perjalanan hidupnya.
  • Bagi seseorang yang istiqamah akan mendapatkan kebahagiaan baik dalam kehidupan dunia maupun di akhirat.
  • Patuhi semua perintah dan menjauhi semua larangan yang diperintah oleh Allah SWT.

Tips untuk Istiqomah

Setidaknya ada 7 tips agar Anda bisa istiqomah diantaranya sebagai berikut.

  1. Luruskan niat

    Yang pertama adalah Niat atau kesungguhan “Faktanya, setiap tindakan tergantung pada niat.” Hadits ini memiliki makna yang dalam.

    Karena dengan adanya niat sendiri sebelum beribadah, akan lebih mudah bagi kita untuk melakukan ibadah berulang kali tanpa beban sedikitpun.

  2. Memahami makna Shahadat

    Kita harus menyadari bahwa dua kalimat syahadat yang kita katakan bukan hanya ucapan saja. Dua kalimat shahadat juga memiliki konsekuensi. menjalani semua perintahnya dan menjauhlah dari larangannya.

    Untuk menjadi stiqomah, seorang Muslim harus memahami makna syahadat untuk menjalankan ibadah dengan keyakinan dan ketulusan.

  3. Mulai dari yang kecil tapi konsisten

    Tip yang terakhir untuk menjadi istiqomah adalah memulai praktik dengan jumlah yang kecil tetapi konstan, ini merupakan bagian paling penting.

    Misalnya, jika Anda ingin terbiasa membaca Alquran, mulailah dengan membaca 1 halaman. Satu halaman, tetapi baca secara teratur setiap hari.

    Anda membaca 1 juz tetapi Anda jarang membaca. Ini tidak akan membuat Anda istiqomah.
    Tentu saja, dengan membaca 1 halaman sehari maka perlahan-lahan akan menambah jumlah bacaan Alquran Anda dalam sehari jika dilakukan secara istiqomah dan konsisten.

  4. Bertobat

    Maksudnya adalah meminta pengampunan kepada Allah dengan sunguh-sungguh dan tidak akan mengulangi apa yang telah dilakukan.

  5. Muhasabah (Intropeksi diri)

    Seorang Muslim yang memiliki alasan yang baik untuk melakukan perbuatan buruk, ia akan memikirkannya terlebih dahulu dan mereka akan selalu mengintrospeksi dirinya sebelum melakukan tindakan,

    Keutamaan dan keuntungan dari Muhasabah ini adalah untuk meningkatkan keimanan dari yang sebelumnya sering membuat keburukan dan membuat perubahan dengan selalu melakukan perbuatan baik dan melakukan perbuatan baik dan selalu menyadari bahwa ia tidak memiliki daya atau upaya tanpa kehendak Allah.

  6. Tadabbur

    Arti Tadabbur di sini adalah untuk selalu dapat merenungkan semua tanda kebesaran Allah dengan cara selalu memandang besarnya kekuaasaan Allah yang menciptakan alam dan semua isinya.

  7. Mujahadah (Bersunguh-Sunguh)

    Arti mujahadah di sini adalah, seorang muslim harus selalu berusaha dengan serius dan harus menyadari bahwa musuh sesungguhnya yang harus diperangi adalah hawa nafsunya sendiri.

Contoh Istiqomah

  • Berikut adalah beberapa contoh sikap istiqomah, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Selalu Yakin bahwa Allah SWT itu Esa meskipun ujiannya yang kita lewati berat.
  • Selalu taat dan juga mematuhi semua perintah Allah menjauhi semua yang dilarang.
  • Selalu konsisten dalam menjalani semua ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, bahkan dalam keadaan sulit sekalipun.
  • Selalu tulus ketika membantu orang lain, bahkan jika orang itu telah menyakiti kita, jadi setelah membantu, jangan mengharapkan imbalan apa pun selain balasan dari Allah SWT.

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Istiqomah, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sesuai dengan kebutuhan kalian bisa menjadi referensi kalian untuk memahami pengertian kalimat tersebut, jangan lupa baca artikel lainnya dan nantikan artikel berikutnya.

Baca Juga :